Second Cell

Harga Dan Specsifikasi Smartphone Terbaru All tipe

Tips Cara Membedakan Ponsel Android samsung S6 S5 S4 Note 2 3 4 5 Replika Dengan Yang Asli

Tips Cara Membedakan Ponsel Android samsung S6 S5 S4 Note 2 3 4 5 Replika Dngan Yang Asli

Ketika melihat orang membeli hp baru, terpintas ide untuk membuat artikel tentang Cara Membedakan HP Smartphone yang Asli dan Palsu. Pada umumnya di market Android, banyak sekali smartphone tiruan, duplikasi, replika, atau istilah KW yaitu tidak Original yang beredar di masyarakat. Tentu jika anda ingin membeli atau sudah terlanjur beli hp, mari kita mengecek kebenaran apakah hp anda asli atau palsu. Membedakan hp smartphone asli atau palsu memang tidaklah mudah, mari kita simak tips android ini ya teman-teman.

Tips ini bisa dibilang berlaku untuk semua tipe HP ( Handphone seluler ) seperti Nokia, Apple, Sony, BlackBerry, Samsung, Advance, Vandroid, Smartfren, Google Nexus, Motorola, HTC, ASUS, LG, Lenovo, Acer, Oppo, Acer, Huawei, CROSS, mito, S-Nexian, dan lainnya. Dalam artikel ini kamu akan melihat contoh dari 2 macam HP Samsung Galaxy yang asli dan palsu.

Tips Cara Membedakan Ponsel Android samsung S6 S5 S4 Note 2 3 4 5 Replika Dngan Yang Asli

Semakin banyak vendor mengeluarkan tipe smartphone, semakin bingung konsumen akan membeli yang mana. Mereka membedakan berdasarkan spesifikasi, model, dan tentu harga yang murah. Dan semakin tinggi spesifikasinya, semakin tebal jumlah rupiah yang kita keluarkan.

Dari masalah 'tebal' itu tadi, ada beberapa ide yang seolah-olah memberikan solusi dari kebutuhan kita akan smartphone. Dan ide ini menjadi masalah baru ditengah-tengah kebingungan konsumen dalam memilih samrtphone. Ide yang saya maksud adalah ide untuk membuat duplikasi smartphone. Wajar saja kalau ide ini muncul, karena kita menginginkan smartphone dengan spesifikasi hebat, bagus, lengkap, cetar membahana namun dengan harga yang 'tipis'.

Tahun 2014 ini banyak sekali produk-produk smartphone aspal ( Asli cuma Palsu ) atau yang biasa kita sebut KW/Super Copy/ Super King/ Cina (tak ada maksud rasis, ini istilah yang ramai dipakai masyarakat). Produsen ini sebenarnya kreatif. Tapi saya lebih suka menyebut mereka oknum daripada produsen. Kenapa? Produk yang mereka buat yaitu menduplikasi ide dari vendor lain yang dengan susah payah dan keluar uang banyak untuk kreatif serta membeli hak paten. Katakanlah Samsung dan Apple yang kemarin gencar-gencar saling menuntut paten mereka dan menuduh satu sama lain menjiplaknya. Keduanya juga terkena denda dan hubungan bisnis sedikit terganggu karena kasus penjiplakan produk.

Ternyata yang menjiplak adalah bukan perusahaan besar, sebut saja organisasi rumahan tanpa terdaftar secara resmi yang memiliki badan hukum. Faktor lain mungkin juga karena ini bukan merupakan persaingan yang wajib mereka pedulikan, sebab segmen yang ditujukan jelas beda. begitu juga dengan kita, jelas sudah tau mana yang asli atau yang palsu.

Bagi konsumen awam, pemula dalam hal menggunakan smartphone berbasis Android atau bisa saya katakan 'switcher', karena sebelumnya belum pernah memiliki smartphone, hal ini sangat bahaya kalau tidak tahu smartphone yang akan dibelinya asli atau palsu. Jelas sekali akan ada kerugian jika mereka membeli produk palsu dari oknum tertentu.

Beberapa kerugian jika anda memiliki HP Smartphone Palsu :

  1. Tidak mendapatkan garansi resmi / Internasional
  2. Tidak dapat mengganti software sistem karena jenis hardware yang digunakan tidak diketahui
  3. Apabila Handphoen rusak, sulit untuk mencari customer service yang sesuai dan mau menerima
  4. Biasanya barang tiruan mudah rusak jika tidak merawatnya dengan baik
  5. Beberapa fungsi yang dirasakan terkadang tidak berjalan
  6. Apabila sudah lama digunakan bisa terjadi hang, brick, crash dll.


Pengaduan publik yang sekarang banyak terdengar yaitu; kebanyakan smartphone ternama milik Samsung dijiplak. Sebagai contoh adalah Galaxy S series. Mulai dari S2 sampai S5. Kalau dari vendor lain belum pernah menemui atau mungkin saya saja yang belum tahu.

Mereka membuat smartphone aspal/replika dengan desain yang nyaris sama secara kasat mata dengan produk dari Samsung. Mulai dari ukuran, ketebalan, posisi komponen, kemasan, modifikasi firmware dan sistem operasi memakai Android. Hanya saja spesifikasi yang mereka sematkan berbeda. Sebagai contoh kita akan bahas Samsung Galaxy S4 vs Super Copy Galaxy S4.

membandingkan smartphone asli dan palsu

Inilah Perbedaan spesifikasi yang sangat jelas antara produl yang asli dan KW / replika , berikut review informasinya :

Model : Samsung Galaxy S4 GT-I9500

Jaringan: GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, 3G HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 [ASLI]
Jaringan: GSM 800 / 850 / 1800 / 1900, 3G HSDPA ~ [PALSU]

Prosesor: Exynos 5 Octa 5410 Quad-core 1.6 GHz Cortex-A15 & quad-core 1.2 GHz Cortex-A7 GPU PowerVR SGX 544MP3 [ASLI]
Prosesor: MTK 6577 dual core 1.2GHz Cortex A9 + SGX531 GPU [PALSU]

OS: Android 4.2.2 Jelly Bean [ASLI DAN PALSU SAMA]

Memori: ROM 16GB, RAM 2GB [ASLI]
Memori: ROM 2GB, RAM 512MB [PALSU]

Layar: 5.0 inches (~441 ppi pixel density), Resolusi 1080 x 1920 pixels, Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors, Corning Gorilla Glass 3, TouchWiz UI [ASLI]
Layar: 5.0 inches (ppi ~), Resolusi 960 x 540 pixels, 16M colors [PALSU]

Kamera: Primer: 13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, LED flash. Fitur: Dual Shot, Simultaneous HD video and image recording, geo-tagging, touch focus, face and smile detection, image stabilization, HDR. Se kunder: 2 MP,1080p@30fps, dual video call [ASLI]
Kamera: Primer: Rear 8 MP, flash light. Sekunder: 1.3 MP video recording [PALSU]

WiFi: 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, DLNA, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot [ASLI]
WiFi: 802.11b/g [PALSU]

Bluetooth: v4.0 with A2DP, EDR, LE [ASLI]
Bluetooth: v2.1 [PALSU]

Baterai: Li-Ion 2600 mAh battery, Talk Time: 17 jam, Standby: 370 jam [ASLI]
Baterai: Li-Ion 2100 mAh battery, Talk Time: 4 jam, Standby: 200 jam [PALSU]

USB/Port: microUSB v2.0 (MHL 2), USB On-the-go, USB Host [ASLI]
USB/Port: microUSB v2.0 [PALSU]

Ukuran/Berat: 136.6 x 69.8 x 7.9 mm / 130 g [ASLI]
Ukuran/Berat: 136.6 x 69.8 x 7.9 mm / 143 g [PALSU]

Setelah anda mengetahui perbedaan spesifikasi kedua produk, mari ikuti Tips Membedakan HP Smartphone Asli dan Palsu berikut ini :

1. CEK NOMOR IMEI

Jika nomor IMEI yang tertera di device kita cocok dengan yang ada di dus, maka bisa dipastikan itu adalah asli. Melalui menu Phone Call, tekan *#06#, lalu akan muncul sederet nomor. Cocokkan dengan yang tertulis di dus atau bisa dengan cara nonaktifkan terlebih dahulu HP, lalu buka baterai anda. Maka didekat Segel SEIN Mesin, terdapat tulisan Model, Tipe, dan Nomor IMEI Anda.


cek nomor imei android


Untuk menambah keyakinan lagi, perhatikan angka ke-7 dan ke-8 pada deret IMEI. kedua angka tersebut secara urut kita gabung dan kita bisa mengetahui dimana pabrikan device tersebut. Lalu cocokkan kembalii dengan yang ada di dus atau cari lokasi produksi di kerangka device. Misalnya ada deret IMEI 15 angka sebagai berikut 345278 04 7634321. Maka angka ke-7 dan ke-8 adalah 0 dan 4. Keduanya digabung jadi 04. Angka ini bisa menunjukkan dimana device tersebut diproduksi ya, berikut kodenya:

00 ciptaan Produksi Finlandia
02 atau 20 ~> Produksi (wilayah) ASIA
03 = Produksi Prancis
04 ~> Produksi Korea
05 ~> Produksi Amerika
08 atau 80 ~> Produksi Jerman
Jika pada IMEI smartphone diproduksi di Korea, pastikan juga di dus atau kerangka smartphone/device juga sama diproduksi di Korea.

2. CEK MENU LCD TEST

MENU LCD TEST adalah kumpulan menu yang dapat menjelaskan apakah perangkat anda sesuai dengan spesifikasi seperti Layar Sentuh, Sensor, Camera, dan Kode Mesin HP. Caranya sama seperti di langkah pertama, lakukan phone call dengan kode *#0*#

Jika Berhasil maka akan muncul kotak-kotak nama-nama jenis warna yang memberi tahu kita bahwa HP Anda sesuai dengan spesifikasi berdasarkan jumlah kapasitas warna density yang dapat ditampung karena biasanya HP Asli warna layarpun cerah berwarna putih.

3. CEK MODEL TIPE SMARTPHONE SECARA ONLINE

Cocokkan model dan tipe hp anda pada halaman apps.opera.com . Caranya cukup masuk ke alamat tersebut dan scroll ke bawah, nanti akan tertulis tipe dan model smartphone kamu. Kalau sesuai, misal "Sony Ercisson Xperia Z10" atau "Samsung GT-I9500" berarti asli. Kalau disana tertulis "Android Generic bla bla bla", mungkin smartphone kamu bukan asli. Cara ini belum tentu benar dan akurat karena pendeteksian dari firmware bisa saja salah karena kita tidak memakai stock rom alias custom rom.

Demikian artikel kami mengenai Tips Cara Membedakan Ponsel Android'' ini, semoga dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan anda ketika ingin membeli hp tersebut ''trimaksih semoga bermanfaat.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tips Cara Membedakan Ponsel Android samsung S6 S5 S4 Note 2 3 4 5 Replika Dengan Yang Asli"

 
Copyright © 2015 Second Cell - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top